Pendidikan

12 Contoh Kata Ulang Bermakna Tindakan untuk Bersenang-Senang

Beberapa contoh kata ulang bermakna tertentu sudah ditampilkan di beberapa artikel yang lalu. Adapun beberapa artikel tersebut antara lain contoh kata ulang bermakna jamak, contoh kata ulang bermakna macam-macam, contoh kata ulang bermakna intensitas, contoh kata ulang bermakna saling, contoh kata ulang bermakna menyerupai, contoh kata ulang bermakna perihal dan walaupun, serta contoh kata ulang bermakna dalam keadaan.

Artikel ini pun juga akan menampilkan beberapa contoh kata ulang bermakna khusus, di mana makna tersebut adalah tindakan untuk bersenang-senang. Makna ini sendiri menerangkan nama suatu perbuatan yang dilakukan hanya untuk kesenangan pribadi saja.

Untuk lebih memahami jenis kata ulang bermakna khusus ini, berikut ditampikan beberapa contoh kata ulang bermakna tindakan yang ditampilkan sebagaimana berikut ini!

  1. Pak Broto dan koleganya sedang melakukan acara makan-makan di sebuah restoran di bilangan Kemang.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: makan-makan, makna kata: kegiatan makan bersama yang ditujukan untuk bersenang-senang saja.
  2. Karena tidak ada pekerjaan, aku pun memutuskan untuk duduk-duduk di kursi kantor sekaligus mengistirahatkan badan dan pikiranku.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk berenang-senang: duduk-duduk,  makna kata: kegiatan duduk yang dilakukan untuk bersantai ataupun bersenang-senang.
  3. Kucing itu tengah tidur-tiduran di atas sofa yang ada di ruang tamu.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: ridur-tiduran, makna kata: kegiatan tidur yang dilakukan untuk bersantai ataupun melepas penat.
  4. Ayah sedang membaca-baca koran langganannya di beranda rumah.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: membaca-baca, makna kata: kegiatan membaca yang bersifat santai.
  5. Laras tengah berjalan-jalan santai di taman kota itu.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: berjalan-jalan, makna kata: kegiatan berjalan kaki yang dilakukan secara santai da bertujuan untuk bersenang-senang ataupun bersantai sejenak.
  6. Sebelum kami berpisah, kami sempatkan diri kami untuk bersenang-senang sejenak.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: bersenang-senang, makna kata: kegiatan yang dilakukan untuk menyenangkan hati.
  7. Tim sepakbola itu bersuka-suka merayakan kemenangan mereka yang pertama sejak sepuluh tahun yang lalu.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: bersuka-suka, makna kata: sama dengan makna kata bersenang-senang.
  8. Andini tengah asyik bermain-main dengan kucing peliharaannya.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: bermain-main, makna kata: bersenang-senang dengan melakukan sesuatu.
  9. Karena sedang tidak bekerja, Pak Agus pun bersenggang-senggang dengan membaca buku.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: bersenggang-senggang, makna kata: menghabiskan waktu senggang.
  10. Karena tubuhku terasa pegal, aku pun rebah-rebahan di atas ranjangku.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: rebah-rebahan, makna kata: berbaring untuk mengistirahatkan badan.
  11. Rasa kantuk ini membuatku ini berbaring-baring di kamarku.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: berbaring-baring, makna kata: menidurkan badan.
  12. Karena tidak ada pekerjaan rumah atau tugas dari sekolah, aku pun bisa malas-malasan di kamarku.
    • Kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang: malas-malasan, makna kata: menidurkan atau mendudukkan diri tanpa melakukan suatu pekerjaan apa pun yang berarti, dengan tujuan untuk merebahkan badan atau melenakan diri untuk sejenak.

Demikianlah beberapa contoh kata ulang bermakna tindakan untuk bersenang-senang. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai kata ulang pada khususnya, mau pun bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon maafkan jika ada kesalahan yang terkandung dalam artikel kali ini, entah itu dari sisi penulisan mau pun sisi penjelasan. Sekian dan juga terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button