Pendidikan

17 Contoh Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K dalam Bahasa Indonesia

Salah satu pola kalimat dasar beserta contohnya yang pernah dibahas secara ringkas adalah pola S-P-Pel-K. Pola kalimat ini terdiri atas empat unsur-unsur kalimat dalam bahasa Indonesia, yaitu subjek (S), predikat (P), pelengkap (Pel), dan keterangan (K). Untuk mengetahui seperti apa penerapan pola ini dalam kalimat–terutama kalimat dasar, berikut diberikan beberapa contoh kalimat dasar berpola S-P-Pel-K yang tertera di bawah ini!

  1. Tubuhnya bercucuran keringat karena berolahraga. (S: tubuhnya, P: bercucuran, Pel: keringat, K: karena berolahraga)
  2. Es krim itu berlapiskan cokelat dari Belgia. (S: eskrim itu, P; berlapiskan, Pel: cokelat, K: dari Belgia)
  3. Anak-anak itu sedang bermain gobak sodor di tanah lapang desa. (S: anak-anak itu, P: sedang bermain, Pel: gobak sodor, K: di tanah lapang desa)
  4. Aku bertemu wanita itu di sebuah taman kota. (S: aku, P: bertemu, Pel: wanita itu, K; di sebuah taman kota)
  5. Anak-anak itu sedang belajar pencak silat di pendopo milik Pak Kusnandar. (S: anak-anak itu, P: sedang belajar, Pel: pencak silat, K: di pendopo milik Pak Kusnandar)
  6. Para gadis sedang belajar Tari Jaipong di sanggar tari milik Bu Kinasih. (S: para gadis, P: sedang belajar, Pel: Tari Jaipong, K: di sanggar tari milik Bu Kinasih)
  7. Dua pemuda itu sedang bermain gitar di pos ronda. (S: dua pemuda itu, P: sedang bermain, Pel: gitar, K: di pos ronda)
  8. Anak-anak itu tengah berlatih sepakbola di lapangan Mangunharjo. (S: anak-anak itu, P: tengah berlatih, Pel: sepakbola, K: di lapangan Mangunharjo)
  9. Pak Usman tengah berjualan daging ayam di pasar itu. (S: Pak Usman, P: tengah berjualan, Pel: daging ayam, K; di pasar itu)
  10. Kami berselisih paham dengan mereka. (S: kami, P; berselisih, Pel: paham, K: dengan mereka)
  11. Kami berkeliling kota dengan menggunakan sepeda. (S: kami, P; berkeliling, Pel: kota, K: dengan menggunakan sepeda)
  12. Tubuh kami bermandikan keringat karena tersengat panasnya sinar mentari. (S: tubuh kami, P: bermandikan, Pel: keringat, K; karena tersengat panasnya sinar mentari)
  13. Bibi berbelanja sendirian di pasar. (S: bibi, P: berbelanja, Pel: sendirian, K: di pasar)
  14. Perutnya berlumuran darah akibat ditusuk oleh salah seorang perampok. (S: tubuhnya, P; berlumuran, Pel: darah, K: akibat ditusuk oleh salah seorang perampok)
  15. Langit bertabur bintang di malam hari. (S: langit, P: bertabur, Pel: bintang, K: di malam hari)
  16. Taman itu berisikan pepohonan dari berbagai macam jenis pohon. (S: tama itu, P: berisikan, Pel: pepohonan, K: dari berbagai macam jenis pohon)
  17. Penyanyi itu bersenandung lirih di perhelatan konsernya tersebut. (S: penyanyi itu, P: bersenandung, Pel: lirih, K: di perhelata konsernya tersebut)

Demikianlah beberapa contoh kalimat dasar berpola S-P-Pel-K dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh kalimat berpola lainnya, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh kalimat berpola dasar S-P-O-K, contoh kalimat berpola dasar S-P-O-Pel, contoh kalimat berpola dasar S-P-O-Pel-K, contoh kalimat berpola dasar S-P dan S-P-O, serta artikel contoh kalimat berpola dasar S-P-Pel dan S-P-K. Semoga bermanfaat dan mampu memberi wawasan baru bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai contoh kalimat yang berpola pada khususnya, mau pun materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button