Pendidikan

33 Jenis-Jenis Istilah dalam Bahasa Indonesia Terlengkap

Jenis-Jenis Istilah dalam Bahasa Indonesia Terlengkap – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah diartikan sebagai kata atau gabungan kata yang mengungkapkan konsep, proses, keadaan, atau sifat khas dari bidang tertentu. Istilah ini dapat digunakan dalam segala keadaan untuk menyampaikan suatu informasi. Dalam Bahasa Indonesia, terdapat dua jenis istilah yang dikenal dalam pemakaiannya yaitu istilah umum dan istilah khusus. Setiap jenis istilah ini mempunyai makna tersendiri, dan biasanya lebih dikenal dengan makna istilah. Untuk lebih memahami jenis-jenis istilah dalam Bahasa Indonesia, berikut adalah penjelasan mengenai istilah umum dan istilah khusus disertai dengan contohnya.

Table of Contents

Istilah Umum

Jenis istilah yang pertama adalah istilah umum. Istilah umum adalah kata yang sudah menjadi bahasa umum, atau sudah sering digunakan dan dipahami orang mengenai maknanya. Istilah umum bisa digunakan siapa saja karena tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk mengartikannya. Jenis istilah ini juga dapat digunakan di segala bidang. Berikut adalah contoh kata yang termasuk dalam istilah umum beserta aplikasinya dalam kalimat:

  1. Keluarga tahanan yang tiba-tiba meninggal di dalam lembaga pemasyarakatan tidak terima dengan penjelasan yang diberikan oleh pihak kepolisian. (tahanan = orang yang ditahan atas kesalahan tertentu)
  2. Seorang pemimpin yang diktator pasti tidak akan disenangi dan didukung pemerintahannya oleh rakyat. (diktator = cara memimpin dengan kekuasaan tidak terbatas)
  3. Bang Firman kini menjadi seorang teknisi yang handal dan dipercaya oleh orang banyak, padahal ia hanya belajar secara otodidak. (otodidak = belajar sendiri tanpa bantuan orang lain)
  4. Pemerintah selalu mempersilakan rakyat menyuarakan aspirasinya, akan tetapi ketika rakyat berdemo selalu dihadapi dengan cara yang anarkis oleh aparat. (aspirasi = keinginan atau kehendak untuk mendapatkan sesuatu)
  5. Di desa ini Riko terkenal piawai memainkan segala jenis alat musik, sehingga ia dipercaya untuk melatih musik semua anak-anak di desa. (piawai = pandai)
  6. Pak Sugeng adalah pengumpul barang-barang antik dari berbagai daerah di nusantara. (antik = kuno dan berharga)
  7. Kecerdasan emosional dan spiritual kini sedang digalakkan untuk dikembangkan oleh para pendidik di lingkungan sekolah. (kecerdasan = sesuatu yang tentang cerdas)
  8. Kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM tidak bisa diterima oleh rakyat, akhirnya terjadi demo di beberapa daerah sebagai wujud ketidaksetujuan rakyat. (kebijakan = kebijaksanaan)
  9. Budaya Indonesia terkenal di manca negara, banyak negara yang kagum dengan keragaman dan kerukunan masyarakat di Indonesia.(budaya = hasil pikiran dan akal budi masyarakat)
  10. Kemahiran BJ. Habibie dalam dunia pesawat sudah tidak diragukan lagi baik secara nasional maupun internasional. (kemahiran = kecakapan seseorang dalam melakukan sesuatu)
  11. Cita-cita ayah dan ibu untuk melihat anak-anaknya sukses akhirnya dapat tercapai. (cita -cita = keinginan seseorang tentang suatu hal)
  12. Koruptor patut dihukum seberat-beratnya karena telah menyelewengkan uang rakyat. (koruptor = orang yang menyelewengkan uang negara)
  13. Kita harus bisa membuat prioritas dalam melakukan setiap kegiatan. (prioritas = hal yang diutamakan untuk dikerjakan)
  14. Implementasi Kurikulum 2013 mendapat pertentangan dari beberapa pihak penggiat pendidikan dengan alasan kurikulum ini tidka cocok diterapkan dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. (implementasi = pelaksanaan suatu hal)
  15. Untuk pendaftaran CPNS, banyak pelamar yang belum melampirkan surat keterangan domisili di dalam berkas lamaran yang dikirim ke instansi terkait. (domisili = tempat kediaman seseorang)

Istilah Khusus

Istilah khusus adalah kata yang penggunaannya terbatas pada bidang-bidang tertentu saja. Jenis istilah ini tidak semua orang dapat mengetahui artinya. Oleh karena itu perlu dicari terlebih dahulu untuk menggunakannya. Berikut adalah contoh kata yang termasuk dalam istilah khusus beserta aplikasinya dalam kalimat:

  1. Ayah selalu mengemukakan maksud dan keinginannya dengan cara analogi agar lebih mudah dipahami oleh orang lain. (analogi = persamaan antara dua hal yang berlainan)
  2. Eksekusi kepada para terpidana mati tertunda di menit-menit terakhir karena perintah dari Presiden. (eksekusi = proses pelaksanaan putusan dari hakim)
  3. Sekarang ini, para elite politik sering ribut satu sama lain di depan media. (elite = orang golongan atas)
  4. Seorang filsuf memiliki jalan pemikiran yang berbeda dengan orang pada umumnya. (filsuf = orang yang berpikir secara filsafat)
  5. Pengamat politik itu mempunyai retorika yang baik ketika berdiskusi dengan lawan bicaranya. (retorika = kepandaian dalam berbicara)
  6. Proses rekonstruksi kejadian pembunuhan dibatalkan karena emosi masyarakat sekitar yang susah dikendalikan. (rekonstruksi = reka ulang)
  1. Recovery kesehatan bibi dari penyakit kanker berkembang dengan pesat. (recovery = pemulihan)
  2. Probabilitas nyamuk hilang setelah proses fogging tidak mencapai 90%, oleh karena itu kegiatan 3M masih terus digalakkan untuk mencegah penyebaran penyakit DBD. (probabilitas = kemungkinan/ peluang)
  3. Tanaman kentang berkembang biak dengan menggunakan umbi batang. (umbi batang = cara berkembang biak dalam umbi)
  4. Proses rekonsiliasi dua kelompok masyarakat berjalan dengan lancar karena kerjasama semua pihak. (rekonsiliasi = perdamaian)
  5. Masyarakat masih berpegangan pada paradigma bahwa belajar haruslah di sekolah. (paradigma = cara seseorang berpikir)
  6. Pemimpin perusahaan selalu mencari calon pekerjaan yang mempunyai loyalitas (loyalitas = kesungguhan dalam bekerja)
  7. Tingkat laba perusahaan dipresentasikan kepada para klien dalam bentuk diagram. (diagram = representasi sebuah informasi dalam bentuk geometri dua dimensi)
  8. Materi integral dan diferensial adalah materi matematika yang sangat disenangi oleh Riko. (integral, diferensial = salah satu materi dalam matematika)
  9. Bulan September ini digalakkan pemberian vaksin Measless Rubella secara gratis kepada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. (vaksin = bahan yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan tubuh)
  10. Setelah merasakan gangguan di mata sejak lama, ayah baru mengetahui bahwa ada sedikit kerusakan pada kornea (kornea = bagian depan yang menembus mata)
  11. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung antioksidan sangat berkhasiat untuk pencegahan pertumbuhan sel kanker. (antioksidan = zat yang dapat menunda reaksi oksidasi)
  12. Kesehatan ibu Melda dapat semakin membaik jika telah dilakukan transplantasi (transplantasi = pemindahan dari satu tempat ke tempat lain, biasanya untuk pemindahan organ)

Sekian pembahasan mengenai jenis jenis istilah dalam Bahasa Indonesia. Semoga materi yang dipaparkan pada artikel ini mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button