Pendidikan

40 Contoh Kalimat Kritikan dan Pujian dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Kritikan dan Pujian dalam Bahasa Indonesia – Setelah pada artikel sebelumnya membahas tentang kalimat inti, kalimat tanggapan, kalimat ajakan, kalimat larangan, dll, maka artikel kali ini akan memaparkan mengenai contoh kalimat kritikan dan pujian. Sebelum membahas mengenai contohnya, akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian dari kalimat kritikan dan juga kalimat pujian. Selamat menyimak!

Pengertian Kalimat Kritikan dan Pujian

Kritikan dan pujian adalah dua hal yang berbeda dan saling berlawanan. Hal ini ditunjukkan oleh definisi keduanya berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kritik sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai tanggapan atas suatu hasil karya, pendapat, dll. Kritikan dapat berupa tanggapan baik ataupun buruk. Suatu kritikan muncul setelah melalui pengamatan terhadap suatu objek. Seorang pengamat biasanya disebut juga sebagai kritikus.

Berbeda dengan kritikan, pujian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai sebuah pernyataan atau penghargaan atas kebaikan maupun keungggulan atas objek tertentu. Berbeda dengan kritikan yang identik dengan keburukan atau hal-hal negatif, pujian selalu berorientasi kepada kebaikan yang telah diperoleh. Pujian diberikan kepada seseorang sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang diperoleh.

Contoh Kalimat Kritikan dan Pujian

Agar lebih memahami materi pembahasan kali ini, berikut diberikan contoh kalimat kritikan dan pujian.

  • Contoh Kalimat Kritikan
    1. Kartun Tom&Jerry memang lucu, akan tetapi adegan-adegan di dalamnya justru memuat hal-hal yang tidak baik bagi perkembangan anak-anak jika tidak ada pendampingan dari orang tua.
    2. Laporanmu ini sangat lemah pembuktiannya, lengkapi data-datanya dan gunakan model yang dapat mewakili permasalahan yang ada.
    3. Penegakan hukum di negara ini masih terkesan tunduk pada pemerintah, orang-orang besar yang terjerat hukum sepertinya sanagt susah untuk diproses, berbeda dengan rakyat kecil yang sangat mudah dan cepat proses hukumnya.
    4. Tanggung jawab orang tua tidak hanya ketika anak-anaknya di rumah saja, akan tetapi ketika orang tua melepas anak-anaknya ke sekolahpun juga tetap harus dipantau.
    5. Kenaikan BBM sudah memicu turunnya kesejahteraan masyarakat, hal ini karena kenaikan BBM berbanding lurus dengan kenaikan bahan pangan dan harga tarif angkutan umum.
    6. Penampilanmu malam kurnag spektakuler, kamu tidak menggunakan teknik menyanyi dengan benar, bahkan kostum yang kenakan tidak cocok dengan tema lagu yang kau bawakan.
    7. Semakin hari pengangguran justru semakin bertambah, keterampilan bekerja terkadang kurang dimiliki oleh para pencari kerja karena semasa menuntut ilmu kurang adanya praktek langsung dalam dunia kerja. Hal ini harus menjadi poin utama dalam perbaikan sistem pendidikan di negeri ini.
    8. Pekerjaanmu ini sungguh berantakan dana tidak dapat dilihat intinya, pelajari lagi SOP pekerjaan ini agar semua terlihat rapi dan masuk akal.
    9. Baju hasil jahitanmu sendiri itu masih ada banyak kekurangannya, salah satunya jahitannya yang kurang rapi di beberapa tempat seperti jahitan di lengan.
    10. Pendidikan anak bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah, orang tua adalah pihak pertama yang harus terjun langsung dan mengamati perkembangan pendidikan anak secara rutin.
    11. Penggunaan telepon genggam di sekolah lebih banyak mengandung hal negatif, siswa akan lebih sibuk dengan telepon genggam itu dan pasti berusaha mencuri-curi kesempatan untuk menggunakannya selama pembelajaran.
    12. Desain tas itu memang bagus dan tidak biasa, tetapi harganya sangat mahal dan tentunya hanya terperuntuk bagi masyarakat golongan atas.
    13. Anak-anak masa kini tidak seharusnya diperkenalkan tentang lagu cinta orang dewasa, akan lebih baik jika lagu kanak-kanak masa dulu dipopulerkan kembali.
    14. Film atau sinetron dengan unsur kekerasan dan penindasan tidak layak untuk tayang di televisi karena berpengaruh besar terhadap karakter generasi penerus bangsa ini.
    15. Merayakan ulang tahun dengan cara hura-hura tidak tepat dilakukan, hal itu juga tidak mengajarkan hal yang baik kepada anak.
    16. Buku itu sangat vulgar covernya, walaupun isinya tergolong bagus untuk pembelajaran remaja.
    17. Tata ruang rumah ini terasa rumit dan membuat suasana rumah ini tidak nyaman.
    18. Rangkaian bunga itu akan semakin indah jika ditambah lagi bunga dengan warna yang berbeda.
    19. Pelajaran yang diberikan untuk anak SD saat ini terlalu banyak setiap harinya, sampai-sampai tas anak-anak terasa berat karena buku yang dibawa.
    20. Masakanmu kurang mantap karena bumbu yang kau masukkan kurang.
  • Contoh Kalimat Pujian
    1. Tidak hanya parasmu yang cantik, tetapi hatimu pun sangat baik. Keputusanmu mengorbankan masa depan demi adik-adikmu sungguh luar biasa. Semoga semua pengorbananmu ini tidak sia-sia.
    2. Polisi itu sungguh lihai dan cekatan dalam menangkap pelaku teror di hotel Mentari.
    3. Kamu memang pandai sekali, belum pernah sekali pun tergeser dari peringkat pertama di sekolah.
    4. Kalian pasangan yang sangat serasi dan saling mendukung satu sama lain, sungguh merupakan inspirasi bagi pasangan yang lainnya.
    5. Pemerintah sungguh tepat dalam mengambil langkah melepaskan kontrak negara asing yang sangat merugikan rakyat.
    6. Dokter itu bertangan dingin, setiap pasiennya yang datang untuk periksa akan sembuh dalam beberapa hari.
    7. Kemampuan melukismu sungguh luar biasa, imajinasimu dalam melukis tidak ada yang bisa menandingi. Tak heran banyak orang rela antri untuk melihat hasil karyamu.
    8. Dwiki memang ahlinya dalam mengerjakan soal matematika dan kimia.
    9. Penampilanmu hari ini sungguh memukau dan tanpa celah kesalahan, bahkan juri sampai berdiri dalam memberikan apresiasinya.
    10. Rani memang anak yang rajin, baik di sekolah maupun di rumah.
    11. Desa ini sangat asri dan sejuk, sawah masih terhampar luas dan tidak ada polusi udara seperti di kota besar.
    12. Aku senang sekaligus bangga atas prestasimu yang sudah mendunia.
    13. Jogja adalah tempat nyaman dan menjunjung tinggi keramahan.
    14. Kamu memang pandai sekali, aku turut senang kamu sudah diterima di universitas ternama.
    15. Reza Rahardian sangat lihat dalam memerankan peran apapun dalam film.
    16. Sekolah swasta itu membuktikan kualitasnya dengan keberhasilan mayoritas alumni murid-muridnya.
    17. Film religi itu sangat bagus dan layak untuk ditonton oleh semua kalangan.
    18. Busana pernikahan Yuyun sangat indah dan elegan, semua sampai terpukau oleh keanggunannya.
    19. Sketsa rumahmu sangat simple namun elegan dan terlihat efektif di setiap ruangnya.
    20. Penampilan dancer SMA Tulus Mulia sangat bagus sampai membuat juri dan penonton terpana.

Sekian pembahasan mengenai contoh kalimat kritikan dan pujian dalam Bahasa Indonesia. Semoga artikel ini mudah dipahami dan membantu para pembaca sekalian dalam belajar. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button