Pendidikan

50 Contoh Makna Kias dan Artinya dalam Kalimat

Contoh Makna Kias dan Artinya dalam Kalimat – Dalam bahasa Indonesia, sebuah kata atau ungkapan terkadang mempunyai makna sebenarnya atau makna tidak sebenarnya. Makna sebenarnya atau makna yang sesuai dengan yang ada dalam kamus disebut dengan makna denotatif. Sedangkan makna tidak sebenarnya sering disebut sebagai makna kias atau konotatif. Makna denotatif dan makna konotatif merupakan beberapa contoh dari jenis jenis makna kata dalam bahasa Indonesia.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kias diartikan sebagai perbandingan atau ibarat. Makna kias sendiri diartikan sebagai sebuah makna atau arti dari kata atau ungkapan yang mengandung pengandaian atau pengibaratan. Contoh sederhana makna kias ini misal pada kata “buah tangan”. Makna kias dari “buah tangan” adalah oleh-oleh. Agar lebih memahami dan memperkaya pengetahuan tentang makna kias, berikut diberikan beberapa contoh dari kata-kata yang bermakna kias.

No. Kata Kiasan Makna Kias Contoh dalam Kalimat 1. duduk perut sedang hamil Bu Sandra sangat senang ketika mengetahui ia sedang duduk perut. 2. tanggal tua kondisi keuangan sedang tipis Setiap tanggal tua, para mahasiswa yang nge-kost selalu menghemat pengeluaran seminimal mungkin. 3. panjang akal cerdik Farel dikenal sebagai anak yang panjang akal 4. buah tangan oleh-oleh Ayah selalu membawa buah tangan setiap melakukan perjalanan dinas. 5. bermuka dua tak tetap pendiriannya Soni terkenal sebagai orang yang bermuka dua di depan teman-temannya. 6. banting tulang kerja keras Ayah selalu membanting tulang demi kehidupan keluarga kami yang lebih layak. 7. buah bibir bahan pembicaraan Ibu tidak tahan mendengar kakak menjadi buah bibir di kampung. 8. main mata melirik Tono selalu main mata kepada setiap perempuan yang cantik. 9. ringan tangan suka memukul Karena sejak kecil melihat ayahnya yang bersikap kasar, kini Anto menjadi anak yang ringan tangan. 10. kecil hati penakut Di antara semua saudaranya, Kunti adalah anak yang paling kecil hati. 11. tebal muka tidak punya rasa malu Riski sudah menjadi orang yang tebal muka karena masa lalunya yang suram. 12. muka masam cemberut Ayah sedari tadi pagi bermuka masam karena belum bertemu dengan ibu. 13. besar mulut pembohong Ibu Suci tidak disukai oleh ibu-ibu yang lainnya karena sikapnya yang besar mulut. 14. gulung tikar bangkrut Sebagai direktur perusahaan yang sedang gulung tikar, Pak Charles harus mencari jalan keluar agar tidak harus mem-PHK sebagian besar karyawannya. 15. angkat kaki pergi Aku harus segera angkat kaki dari rumah ini besok pagi. 16. naik pitam marah Ayah langsung naik pitam saat mendengar kakak tertangkap polisi karena menggunalan obat terlarang. 17. kaki tangan anak buah Pimpinan penculikan anak beserta kaki tangannya ditangkap oleh polisi. 18. tangan kanan orang kepercayaan Sebagai tangan kanan Pak Camat, ayah harus menemani Pak Camat dalam setiap kegiatan penting pemerintahan. 19. angkat tangan menyerah Aku sudah angkat tangan dalam menyelesaikan permasalahan rumit ini. 20. meja hijau pengadilan Ada berita memilukan di televisi, ada seorang anak yang membawa orang tuanya ke meja hijau.
No. Kata Kiasan Makna Kias Contoh dalam Kalimat 21. kutu buku orang yang rajin membaca buku Rani, si anak kutu buku itu selalu di-bully oleh teman-temannya. 22. kepala dingin tenang Hadapilah semua permasalahan dengan kepala dingin. 23. bunga tidur mimpi Aku masih saja teringat bunga tidur semalam. 24. tinggi hati sombong Janganlah jadi anak yang tinggi hati, kelak kau akan kehilangan teman-temanmu. 25. makan garam banyak pengalaman Jangan sepelekan nasihat orang tuamu, karena mereka sudah banyak makan garam. 26. gelap mata kalap, hilang kesabaran Pecandu narkoba bisa gelap mata saat tidak menemukan apa yang ia inginkan. 27. darah biru keturunan bangsawan Putri selalu mengaku berdarah biru di depan semua teman-temannya. 28. empat mata bicara berdua Kepala Dinas Pendidikan berbicara empat mata dengan Kepala Sekolah di dalam ruangan tertutup. 29. mata duitan matrealistik Uang itu memang diperlukan, tapi jangan dai orang yang mata duitan. 30. kambing hitam orang yang disalahkan Kasihan Warno, ia dikambing hitamkan atas pencurian ayam di kampung ini. 31. kepala batu keras kepala Anak yang kepala batu akan susah dinasehati sebelum ia kena batunya. 32. makan gaji buta menerima gaji tapi tidak bekerja Aku tidak mau makan gaji buta, itu bukan prinsipku. 33. tikus kantor koruptor Semakin hari semakin terlihat siapa tikus kantor sebenarnya. 34. kupu-kupu malam wanita penghibur Petugas semakin rajin melakukan razia terhadap kupu-kupu malam di tempat-tempat hiburan. 35. kata-kata manis rayuan Rico selalu mengumbar kata-kata manis kepada wanita yang ia sukai. 36. makan uang dinas korupsi Pak Anas diisukan makan uang dinas. 37. panjang tangan suka mencuri Anak yang panjang tangan tidak akan disukai oleh orang-orang di sekitarnya. 38. turun tangan ikut membantu Selama menjabat ketua RT, Pak Ridho tidak pernah turun tangan menangani permasalahan warga. 39. bunga desa wanita tercantik Rosi menjadi bunga desa sejak ia masih remaja. 40. lintah darat rentenir Akibat membutuhkan biaya besar, ibu terjebak hutang kepada lintah darat.
No. Kata Kiasan Makna Kias Contoh dalam Kalimat 41. kebakaran jenggot marah Kakek kebakaran jenggot melihat perilaku cucu-cucunya yang tidak taat norma agama. 42. sampah masyarakat orang yang tidak berguna Joni berjuang sekuat tenaga agar tidak menjadi sampah masyarakat. 43. kabar angin gosip Jangan mudah percaya kabar angin yang menyebar dari mulut ke mulut. 44. naik daun mulai terkenal Karena lagu barunya, penyanyi itu mulai naik daun. 45. makan waktu menghabiskan waktu Saat bulan Ramadhan, banyak orang makan waktu dengan mengaji. 46. tutup usia meninggal dunia Guru besar itu tutup usia saat sedang memberikan ilmu kepada murid-muridnya. 47. mata mata orang yang bertugas mengamati Seorang mata-mata harus pandai menyembunyikan identitasnya di depan orang lain. 48. tangan besi bertindka keras Walaupun dikenal bertangan besi, pemimpin itu sangat dicintai warganya. 49. sebatang kara hidup sendirian Sejak usia 8 tahun, Rani hidup sebatang kara. 50. bintang lapangan pemain yang terbaik Bambang Pamungkas menjadi bintang lapangan sejak usianya masih muda.

Sekian artikel mengenai contoh makna kias dan artinya dalam kalimat. Semoga apa yang dipaparkan dalam artikel ini mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button