Pendidikan

6 Contoh Kalimat Tanggapan dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Tanggapan dalam Bahasa Indonesia – Setelah pada artikel sebelumnya membahas tentang kalimat inti dan macam macam kalimat berita, maka sekarang tiba giliran jenis kalimat yang lainnya yaitu kalimat tanggapan. Artikel kali ini akan mengupas tuntas tentang apa itu kalimat tanggapan, apa saja jenis jenis kalimat tanggapan, bagaimana cara penyampaian kalimat tanggapan yang baik dan benar, dan contoh kalimat tanggapan. Selamat belajar!

Pengertian Kalimat Tanggapan

Tanggapan merupakan suatu reaksi seseorang berupa komentar atas suatu peristiwa atau kejadian yang ia lihat, baca, dengar, atau rasakan sendiri. Kalimat tanggapan dapat diartikan sebagai kalimat yang mengandung komentar terhadap suatu peristiwa atau informasi. Tanggapan biasanya muncul dalam sebuah forum diskusi baik resmi atau tidak resmi. Adanya tanggapan akan memunculkan kesimpulan atas informasi yang sedang dibahas.

Jenis Jenis Kalimat Tanggapan

Kalimat tanggapan terbagi menjadi dua jenis yaitu kalimat tanggapan positif dan kalimat tanggapan negatif. Kedua jenis tanggapan ini dapat muncul dalam satu topik pembahasan diskusi.

  • Kalimat tanggapan positif, merupakan kalimat tanggapan atas informasi atau peristiwa yang bersifat optimis atau mendukung informasi terkait. Jenis kalimat ini ditujukan untuk menyetujui informasi atau peristiwa yang terjadi.
  • Kalimat tanggapan negatif, merupakan kalimat tanggapan atas informasi atau peristiwa yang bersifat menjatuhkan karena tidak setuju dengan informasi terkait. Dalam kalimat tanggapan negatif akan berisi mengenai sanggahan atau pernyataan yang menyangkal informasi yang telah diutarakan.

Cara Penyampaian Kalimat Tanggapan

Penyampaian kalimat tanggapan hendaknya dilakukan dengan cara yang baik. Jangan sampai tanggapan yang disampaikan justru menjadi pemecah belah dua pendapat yang berbeda. Berikut adalah beberapa cara penyampaian tanggapan yang baik:

  • Tanggapan yang disampaikan harus sesuai topik pembahasan
  • Penyampaian tanggapan harus dapat membuat orang lain memahami pembahasan permasalahan
  • Kalimat tanggapan harus murni pendapat sendiri
  • Kalimat tanggapan hendaknya merupakan kalimat yang benar dan tidak ambigu
  • Jika yang disampaikan merupakan tanggapan negatif, maka sebaiknya tidak dibarengi dengan emosi
  • Penyampaian kalimat tanggapan dapat diiringi dengan gerakan, mimik muka atau nada suara
  • Kalimat tanggapan harus bersifat objektif
  • Ketika menyampaikan tanggapan hendaknya tidak menjelekkan pihak lainnya
  • Kalimat tanggapan akan lebih kuat jika dibarengi dengan fakta

Contoh Kalimat Tanggapan

Agar lebih memahami tentang kalimat tanggapan, berikut diberikan beberapa contoh kalimat tanggapan atas suatu topik lengkap dari masing-masing jenis kalimat tanggapan:

1. Pemerintah berencana menaikkan harga tarif dasar listrik dalam waktu dekat ini.

  • Kalimat tanggapan positif: Keputusan yang diambil pemerintah pastinya telah melalui pertimbangan yang matang demi negara, dan tentunya tidak akan menjadi penambah beban hidup rakyat
  • Kalimat tanggapan negatif: Pemerintah tidak memikirkan kondisi rakyat saat ini, masyarakat miskin semakin hari semakin bertambah, jika keputusan kenaikan tarif dasar listrik ini tetap dilakukan justru akan semakin menambah jumlah rakyat miskin di Indonesia.

2. Orang tua berhak menentukan jalan hidup putra putri mereka.

  • Kalimat tanggapan positif: Orang tua yang telah mengurus anaknya dari kecil pasti tahu seluk beluk tentang anaknya, apa yang dapat membuat anaknya bahagia ataupun yang dapat membuat mereka terluka, ketika orang tua menentukan jalan hidup anaknya maka pasti sudah melalui berbagai pertimbangan yang matang.
  • Kalimat tanggapan negatif: Jalan hidup seseorang adalah keputusan orang itu sendiri, walaupun orang tua yang mengurus dari kecil, tapi yang akan menjalani hidup adalah anak itu sendiri, jadi hendaknya orang tua menyerahkan keputusan jalan hidup anaknya terhadap anak itu sendiri.

3. Ujian Nasional adalah cara yang tepat untuk menentukan kelulusan siswa.

  • Kalimat tanggapan positif: Ujian Nasional dapat menentukan keberhasilan cara belajar siswa, jika selama proses pembelajaran siswa belajar secara bermakna maka ujian nasional yang dijalani akan dilewati dengan lancar.
  • Kalimat tanggapan negatif: Sangat tidak sesuai jika proses belajar siswa selama 6 tahun (SD) dan 3 tahun (SMP-SMA) hanya dinilai dari hasil mereka mengerjakan soal selama 2 jam, penilaian dan penentuan kelulusan harusny dinilai dari awal proses pembelajaran hingga akhir, bukan hanya melalui beberapa soala saja.

4. Penyanyi dangdut itu meluncurkan single ‘om telolet om’ dan ‘maafkan aku yang dulu’.

  • Kalimat tanggapan positif: Single baru itu sebagai wujud kreatifitasnya dalam menyanyi, lirik lagunya pun dibawakan dengan sangat indah seindah suaranya.
  • Kalimat tanggapan negatif: Penyanyi dangdut itu hanya memanfaatkan situasi karena kata-kata ‘om telolet om’ dan ‘maafkan aku yang dulu’ sedang hits di media sosial.

5. Ujian Nasional dilakukan dengan cara ujian berbasis komputer dan secara online.

  • Kalimat tanggapan positif: Ujian nasional kini dilakukan dengan cara yang lebih modern dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, memang dari tahun ke tahun harus ada inovasi dalam cara belajar, tidak terkecuali cara ujian.
  • Kalimat tanggapan negatif: Mungkin memang landasan dan tujuan pelaksanan ujian nasional berbasis komputer dan online ini sangat bagus, akan tetapi tidak melihat kesiapan yang ada di lapangan. Banyak sekolah-sekolah yang bahkan tidak memiliki komputer di sekolahnya apalagi jaringan internet, jadi bagaimana bisa ujian nasional berbasis komputer dan online ini dapat dilaksanakan. Pemerintah harusnya memperbaiki dahulu sarana prasarana pembelajaran di setiap sekolah di Indonesia

6. Pelaku klitih harus dihukum berat dan jangan sampai diberi keringanan karena telah meresahkan masyarakat.

  • Kalimat tanggapan positif: Pelaku klitih memang snagat meresahkan, mereka selalu beraksi tanpa alasan yang jelas, aparat hukum harus segera bertindak dengan menghukum mereka dengan jeratan hukum yang akan membuat mereka jera seumur hidup.
  • Kalimat tanggapan negatif: Pemberian hukuman yang setimpal memang sangat harus dilakukan kepada para pelaku klitih, hal ini tentunya karena perbuatan mereka yang selain melanggar hukum juga telah meresahkan masyarakat karena sudah ada korban nyawa. Akan tetapi perhatikan juga bahwa sebagian besar pelaku klitih justru maish di bawah umur. Hukum yang dijatuhkan kepada mereka harus tetap mempertimbangkan perlindungan kepada anak di bawah umur, tentunya tidak mengesampingkan kesalahan yang telah mereka perbuat. Sebaiknya harus ada pendampingan juga dari KPAI agar hukuman yang diberikan tepat sasaran.

Sekian artikel mengenai kalimat tanggapan dalam bahasa Indonesia. Semoga pemaparan materi tentang kalimat tanggapan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button