Pendidikan

8 Jenis-Jenis Kata Depan Berdasarkan Peran Semantisnya

Kata depan merupakan sebuah kata yang diletakkan di depan kata lainnya yang membuat kata tersebut memiliki fungsi dan makna yang baru. Kata depan sendiri mempunyai sejumlah jenis berdasarkan kriteria tertentu di dalamnya, baik itu berdasarkan bentuknya, fungsinya, ataupun peran semantisnya. Khusus untuk artikel kali ini, kita akan mengetahui beberapa kata depan yang masuk ke dalam jenis-jenis kata depan berdasarkan peran semantisnya yang dilansir dari laman id.wikibooks.org. Adapun pembahasan tersebut adalah sebagai berikut ini!

1. Kata Depan Penanda Hubungan Tempat

Jenis-Jenis kata depan berdasarkan peran semantisnya yang pertama adalah kata depan penanda tempat. Kata depan ini merupakan kata yang peran semantisnya adalah untuk memberi penanda atau keterangan hubungan tempat pada suatu kata. Beberapa macam kata depan ini adalah: di, ke, dan dari.

2. Kata Depan Penanda Hubungan Peruntukkan

Jenis-jenis kata depan berdasarkan peran semantisnya yang kedua adalah kata depan penanda peruntukkan. Kata depan atau preposisi ini merupakan kata depan yang peran semantisnya adalah untuk memberi keterangan peruntukkan pada suatu kata. Adapun beberapa bentuk kata depan ini adalah: bagi, dan juga untuk.

3. Kata Depan Penanda Hubungan Sebab

Setelah kata depan penanda hubungan peruntukkan, kata depan penanda hubungan sebab menjadi jenis-jenis kata benda berdasarkan peran semantis yang selanjutnya. Kata depan ini merupakan kata yang peran semantisnya adalah sebagai pemberi penanda hubungan sebab pada suatu kata yang diawali oleh kata depan ini. Beberapa bentuk dari kata depan ini adalah sebab dan karena.

4. Kata Depan Penanda Hubungan Kesetaraan atau Cara

Seperti pada ketiga kata depan di atas, kata depan ini juga mempunyai peran semantis khusus di dalamnya. Adapun peran semantis yang terkandung pada kata depan ini adalah untuk memberikan tanda adanya hubungan kesetaraan atau cara pada suatu kata yang diawali oleh kata depan ini. Kata-kata yang termasuk kata depan ini adalah dengan, sambil, bersama, dan beserta.

5. Kata Depan Penanda Hubungan Pelaku

Kata depan ini merupakan kata depan yang peran semantisnya adalah sebagai penanda hubungan pelaku pada suatu kata yang diawali oleh kata depan ini. Adapun kata yang tergolong kata depan penanda hubungan waktu adalah kata oleh.

6. Kata Depan Penanda Hubungan Waktu

Merupakan suatu kata depan yang peran semantisnya adalah sebagai penanda adanya hubungan waktu pada suatu kata yang diawali oleh kata ini. Kata-kata yang termasuk kata depan ini adalah pada, hingga, sampai, sejak, semenjak, dan menjelang.

7. Kata Depan Penanda Hubungan Ihwal Peristiwa

Adalah sebuah kata depan yang memberikan penanda adanya hubungan suatu ihwal peristiwa yang ada dalam suatu kata yang diawali oleh kata depan ini. Tentang dan mengenai adalah dua kata yang termasuk ke dalam kata depan ini.

8. Kata Depan Penanda Hubungan Milik

Jenis-jenis kata depan berdasarkan hubungan semantisnya yang terakhir adalah kata depan hubungan milik. Peran semantis yang terkandung pada kata ini adalah sebagai pemberi tanda adanya suatu hubungan milik pada kata yang diawali oleh kata depan ini. Kata dari merupakan kata yang termasuk ke dalam kata depan ini.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis kata depan berdasarkan peran semantisnya. Jika pembaca hendak mengetahui beberapa contoh dan fungsi dari jenis-jenis kata depan, maka pembaca bisa membuka artikel contoh kata depan “dalam”, contoh kata depan “antara”, contoh kata depan “dengan”, fungsi kata depan “antara”, fungsi kata depan “dalam”, dan fungsi kata depan “dengan.” Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button