Pendidikan

Contoh Karangan Bebas tentang Lingkungan Sekolah dalam Bahasa Indonesia

Sebelumnya, kita telah mengetahui seperti apa contoh karangan bebas tentang kehidupan. Kali ini, kita akan juga akan mengetahui contoh karangan bebas lainnya dengan tema yang khusus pula, yaitu lingkungan sekolah. Selain di artikel ini, tma tersebut juga pernah ditampilkan di beberapa artikel, seperti contoh paragraf argumentasi tentang lingkungan sekolah, dan contoh paragraf narasi tentang lingkungan sekolah.

Adapun contoh kalimat bebas tentang lingkungan dalam bahasa Indonesia sendiri adalah seperti berikut ini!

Contoh Karangan Bebas tentang Lingkungan Sekolah

Saat ini, aku bersekolah di salah satu SMA swasta di kota kelahiranku ini. Sekolahku ini letaknya tidak jauh dari taman kota dan mempunyai sekitar 100 buah ruanganya yang sebgaian besarnya adlah ruang kelas. Sekolah yang dicat berwarna hijau tosca itu juga mempunyai sebuah lapngan sekolah yang dapat dipakai untuk berbagai kegiatan sekolah, seperti berolahraga, upacara, dan bahkan untuk panggung acara pentas seni. Terdapat pula sebuah kolam ikan yang disekelilingnya terdapat pepohonan hijau dan sebuah saung yang terbuat dari kayu.

Lingkungan sekolahku bisa dikatakan cukup bersih, di mana jarang sekali ditemukan sampah-sampah yang berserakan di jalan sepanjang sekolah. Kalaupun ada, biasanya hanya sampah-sampah daun dari pepohonan yang ada di dalam lingkungan sekolah. Aku sendiri cukup kagum dengan kebersihan lingkungan sekolahku ini. Padahal, kesadaran siswa-siswanya di sini akan kebersihan lingkungan sekolah terbilang masih kurang. Sudah beberapa kali kepala sekolah membahas hal tersebut saat upacara pengibaran bendera. Sudah beberapa kali pulalah kepala sekolah selalu mengimbau kami semua untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Namun, sepertinya memang butuh waktu bagi siswa-siswi di sini untuk menyadari hal tersebut.

Adapun sebab musabab bersihnya lingkungan ini adalah tekunnya petugas-petugas sekolah yang membersihkan sampah-sampah di sekolah dengan dibantu oleh sejumlah siswa dan guru yang mempunyai kesadaran cukup baik tentang kebersihan lingkungan sekolah. Aku sendiri adalah salah satu dari siswa itu. Meski tidak sering, namun aku suka membantu petugas sekolah atau guru dalam membersihkan lingkungan sekolah. Minimal, aku selalu membuang sampahku sendiri di tempat sampah yang telah tersedia.

Kini, aku sudah menginjak kelas XII. Itu berarti aku akan segera meninggalkan sekolah beserta lingkungannya ini. Selepas dari sekolah ini, aku tidak terlalu berharap banyak, baik untuk masa depanku ataupun untuk lingkungan sekolahku tercinta. Untuk masa depanku, aku hanya berharap bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi yang terdapat jurusan kuliah tujuanku, terlepas perguruan itu negeri ataupun bukan. Dan khusus untuk lingkungan sekolahku, aku hanya bisa berharap semoga kondisinya akan terus bersih dan bila perlu bisa lebih baik selepas aku lulus nanti. Aku juga berharap semoga siswa-siswa di sini bisa lebih peduli dan sadar lagi soal pentingnya kebersihan lingkungan sekolah.

Demikianlah contoh karangan bebas tentang lingkungan sekolah dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh karangan lainnya, pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut ini, yaitu: contoh karangan persuasi tentang pendidikan, contoh biografi orang sukses, contoh autobiografi tentang diri sendiri, contoh karangan argumentasi tentang lingkungan. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai karangan bebas pada khususnya, maupun mengenai mata pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button